Sambal Tumpang Kediri


Setiap orang kediri pasti tahu sambal tumpang, makanan yang membuat Orang kediri di perantauan kangen setengah mati ini di daerah lain kadang di sebut nasi tumpang Kediri. Makanan khas kediri ini berbahan dasar tempe yang mengalami fermentasi lebih lama dari pada tempe yang biasa di konsumsi, kadang biar gampang menyebutnya sambel tumpang terbuat dari tempe “busuk”. Tapi, jangan khawatir bukan busuk expired, tetapi berfermentasi lebih lama.

Tempe untuk bahan sambal tumpang ini bukan sembarangan, Konon Tempe untuk sambal tumpang kalau bukan tempe kediri tidak bisa. Saya pernah ke Malang yang notabene dekat dengan kediri, tempe malang tidak bisa di buat sambal tumpang. Kurang tahu kenapa. mungkin raginya beda.

Bahkan di Kediri pun tidak semua tempenya enak buat sambal tumpang, seperti di Desa saya tempenya bisa di buat sambal tumpang, tetapi d desa sebelah tidak bisa kalaupun di paksakan rasanya tidak bisa sesedap biasanya.

sambal tumpang Sambal Tumpang Kediri

nasi tumpang

Sambal tumpang disajikan tanpa banyak variasi yaitu: nasi, sayuran(daun pepaya, daun kenikir, nangka muda, pepaya muda, dsbnya), serta lauk rempeyek dan krupuk nasi(puli). Nasi tumpang ini ada 2 jenis yaitu tumpang biasa yang menggunakan tempe “busuk” biasanya kuahnya tidak terlalu kental dan ada bulir tempenya, aroma sedapnya sudah tercium dari jarak beberapa meter.  Jenis kedua adalah sambal tumpang yang kental, biasanya ditambahkan tepung untuk pengentalnya dan menggunakan tempe biasa, aromanya nyaris tidak ada umumnya jenis sambal tumpang ini ada di Kediri kota. Terkadang ada lauk tambahan seperti tempe, tahu, telur puyuh, ayam, sate usus dsbnya.

Penjual nasi tumpang dapat di jumpai hampir di setiap desa di kediri. Umumnya jam buka adalah pagi sekali – subuh – atau malam. Biasanya penjual nasi tumpang juga menyediakan sambal pecel, jadi nanti ada nasi campur yaitu tumpang campur pecel. Saya paling suka tumpang campur kalau sambal tumpangnya jenis kedua yang memakai tempe “waras” atau tempe biasa.

sambal tumpang suru Sambal Tumpang Kediri

nasi tumpang sendok suru

Terkadang nasi tumpang ini di sajikan dalam daun pisang yang di bentuk pincuk dan menggunakan sendok dari daun pisang juga (suru).

Jika anda di Bali di daerah Jl Teuku Umar Denpasar ada penjual nasi pecel tumpang yang enak banget, rame banget. Buka malam hari. Tapi penjualnya asli orang kertosono icon biggrin Sambal Tumpang Kediri

Nasi Tumpang Kediri

Harga: Mulai Rp. 2000

Karena banyaknya penjual nasi tumpang yang mak nyuss, silahkan beri komentar lokasi sambal tumpang yang paling enak menurut anda, akan saya update posting ini.

Monday, March 1, 2010 by Coliq

Coliq

Web Designer/programmer/developer aseli Kediri. Suka utak-atik aplikasi/script open source, wordpress, joomla, dkk.. Founder dari wongkediri.com

Blog · FB · Twitter · Plurk


52 Comments for this post

apin djamsaren says:
March 11, 2010 at 9:53

waduh… jadi luaperrr. pingin pulanggg… tapi bener tuhhh .. sing paling enak nengendi yo.. tapi menurut aku semua penjual nasi tumpang punya ciri-ciri ato cita rasa yang berbeda-beda.. pondo enak’e kabeh.. tapi seperti ada yang beda ngono lohh.. koyok’e sih.. bener gak ?

rambo says:
March 26, 2010 at 11:23

bnr2..kangen kuliner kediri..golek sego tumpang ning bandung..ra ono..

leny says:
March 27, 2010 at 7:56

Qda referensi tempat jualan sambel tumpang yang paling enak itu di depan foto “KING” dekat toko obat “MURNI”
tempat jualannya emang pinggir jalan tapi rasa sambel tumpangnya rasa restoran

coliq says:
March 27, 2010 at 2:46

@Rambo: agak barat dikit, di jakarta, ada bbrp tempat Om.. He22.. drpd ke Kediri deketan jkt

coliq says:
March 27, 2010 at 2:50

@Leny: Jl Brawijaya ya? jualan mulai sore cuma 2-3jam habis. Lokasi di trotoar hampir dekat belokan ke jembatan lama

lukman says:
April 6, 2010 at 2:06

@all: klo pengen nasi tumpang mak jross ya di Warung mbak Ben di Jl. Pakunden Deket JIWASRAYA Letjen S Parman Kediri…. Dijamin mantaf..
Klo didaerah Jakarta selatan datang ke Kalibata (dpn TMP Kalibata).. rasanya lumayan.. ok.. tumpang,. i love……

coliq says:
April 6, 2010 at 10:42

@Lukman: Suwun mas infonya.
Btw Mbak Ben itu yang utara jalan? deket gang?

rambo says:
April 12, 2010 at 7:28

@coliq:ok..kapan2 kalo ak dolan ke jkt,,ta cariknya tempate..ngomong2 daerah,e ndek sebelah mn itu?”

Imam P. says:
April 18, 2010 at 9:27

Pokoke kalau aku pulang ke kediri blm makan sambel tumpang rasane blm sampai rumah,yang asyik disepanjang jl. dhoho kalau malam

coliq says:
April 18, 2010 at 12:56

@Imam: benul Pak :D .. tp kalau jl dhoho tumpangnya pake dikasih tepung :(

apin djamsaren says:
April 21, 2010 at 4:47

@ lukman : opo tenan neng depan TMP Kalibata ono sambel tumpang..?? musiman opo mesti ono yo ? soale aku neng Kelapa gading Jakarta Utara.. lek pancen ono aku tak ndang rono

zibhe says:
May 5, 2010 at 11:06

Di balikpapan depan BP ada nasi pecel tumpang Kediri, walaupun rasane rodho ruwet…tapi lumayan ngobatin kangen

coliq says:
May 6, 2010 at 8:21

masak sendiri aja Om.. pasti lebih ruwet he..he..he..

Coliq says:
May 19, 2010 at 11:21

baru aja lihat andika FM..
tulisan ini dimuat/disadur tanpa link balik tanpa sumber..
http://www.andikafm.com/news/detail/216/11

andik says:
May 29, 2010 at 1:21

di jalan pk bangsa barat stadion brawijaya warles pecel tumpang mbah tasmin kulupan komplit uenak tenan buka cuma sore tok..silahkan coba jam 8 malam biasanya wis habis.

alfan says:
June 28, 2010 at 11:38

bagi yang sedang perjalanan Kediri-Surabaya lewat Kertosono, ada warung pecel tumpang komplit di sebelah barat pasar Purwoasri..
Warung Bu Sumini, buka hanya malam hari..
isi 1 porsi lengkap, mulai kulup-kulupan, perkedel, srondeng, sambel goreng, peyek, ndog asin, dll. harga per porsi 5 ribu..
memang cukup mahal untuk ukuran harga di daerah tersebut, tapi warungnya gak pernah sepi. Rata-rata pengunjung dari luar kota

CoLiq says:
June 29, 2010 at 8:06

@andik: wah bisa d coba tuh
@Alfan: Wah iyo mbah, iku warung ruame terus. tapi durung pernah nyoba, he2..

erwin j says:
August 27, 2010 at 5:16

paling maknyuss sego tumpange de Sumini barat pasar purwoasri uenaaak tenaaaann

coki says:
August 27, 2010 at 11:45

sambel tumpange maknyosssss gan…. :beer:
wuuueenak tenan…..

widya says:
September 9, 2010 at 11:26

waduhhhh…..jd pngen pulkam. pngen ngrasain lagi makan sego tumpang di pinggiran jl.doho uenak tenannn

September 14, 2010 at 6:18

jalan dhoho

Eggie says:
September 15, 2010 at 4:24

lek ning Jakarta enek siji maneh sing iso dadi tombo kangen, Rumah Makan Jawa Timuran Sekartaji di Panglima Polim, Jakarta Selatan (dekat Polres JakSel).. murah2 (utk ukuran ibukota) tur lumayan mak nyuss.. =) nyobain sego pecel tumpang karo peyek kacang teri (IDR 9,000) plus es teh manis, yo enak tenan…

CoLiq says:
September 21, 2010 at 2:25

@Widya&edy: iya, tp hati2, kata masku pedagang jl dhoho skrg ngentolan, tanya harga aja dulu..
* kec duit anda unlimited

@Eggie: wah mbok dikirim mrene, enak ndi karo kediri asli

TONO says:
September 26, 2010 at 12:49

sambel tumpang mak nyoooooos ono ing banjar – bangsongan… jalan mo ke masjid warunge pak ba’i

agung says:
November 14, 2010 at 11:26

titip salam buat pak jono penjual pecel kertosono di teuku umar denpasar.bos minta tolong suruh bikin fb nya pecel kertosono spy saling komunikasi

Coliq says:
November 15, 2010 at 11:20

@Agung: udah jarang kesana Mas :) pas orangnya mudik aja di samperin :)

yossy says:
November 18, 2010 at 4:37

jd kangen ma kediri, gw tinggal dijepan skrg,cos suamiQ orang jepan.yokohama kgak ad tempe, adax Nato similar tempe yg difermentasi.. kangen sama ibuQ n tetanggaku yg jual tumpang. TQ” mas Coliq, seneng bgt bs nemu ini web. i miss you kediri…keep up to date yo!!!

aangxuu says:
December 20, 2010 at 8:07

orang kediri harus nyoba nasi tumpang..

frendiq says:
December 28, 2010 at 1:18

sambel tumpang paling enak gaweane mbahku dewe………

wong gurah says:
March 7, 2011 at 2:25

enakan nasi tumpangnya mak’ni kambingan..
cos yang jualan bedaknya tuebel bget.

tony widyanto says:
April 27, 2011 at 3:16

mohon ijin share ke group forum peduli kabupaten kediri
maturnuwun..

jon says:
August 18, 2011 at 12:58

Kalau di mbogo/wonokerto ada tumpangnya mbah mur, berdasar testimoni konco2 sanyuri rakyat sd pejabat lolos alias uenak. Buka’e mung esuk jam 9 wis entek saking larise dadi yo mung kangge sarapan wae

jon says:
August 18, 2011 at 1:00

oh ya mbah mur wis dodolan tumpang setengah abad lebih bahkan langganane wis akeh sing profesor hee……

julie says:
August 19, 2011 at 2:24

waduh kangen bgt nich besok mudik langsung sego tumpang santapan utama kelkelkelkel untung bojoku tau bgt klo kediri unggul di kuliner……

Coliq says:
August 19, 2011 at 4:56

@jon: bisa kasih tahu lokasi tepatnya pak?
@julie:monggoo…

saribiyan says:
December 19, 2011 at 7:02

paling mantap sego tumpange kediri,sego tumpange sing nek jln teuku umar bali ra ngalor ra ngidul.kangen pingin srpan sego tumpang

bejo says:
January 4, 2012 at 12:30

emang enak tenan sambel tumpang..khas wong kediri .d tuh..yg jualan di depan makam pahlawan kalibata..buka habis maghrib biasanya…

Najwa says:
February 17, 2012 at 10:09

Sego tumpang uueenaaak pooool yo neng Mbandar…. Alamate Jl. K.H. Wakhid Hasyim 203 Kediri. Sebelahe kantor BRI Unit Bandar. Sego tumpange Mbak Hati….. mak nyuuuuussss…..

Baskoro says:
February 26, 2012 at 12:02

Di Kediri ada penjual sambel tumpang yang paling enak sedunia Kediri, yaitu di Jl.Brawijaya Kediri. Tepatnya hampir di ujung jalan Brawijaya sebelah timur jalan, jualannya di emper toko, bukanya jam 5 sore. Bagi penggemar sambel tumpang asli Kediri silahkan mencoba dan setelah itu silahkan komentarnya…. selamat mencoba

bhudys says:
February 28, 2012 at 7:39

nasi pecel tumpang ya,di jl.panglima sudirman depan toko ud jawa timur.tahu nya panas,wah asyik,tapi bukanya jam 22 ,yg penting tahu goreng panas..

anshori says:
March 15, 2012 at 12:50

ada enak lagi di Jombangan Pare Botorejo….tempatnya agak masuk 2km dr permpatan Jombangan…tempatnya biasa tp tumpangnya maknyuuuussss….

khoni says:
March 15, 2012 at 3:11

ada lagi nasi pecel dan tumpang paling joss kalau dari arah surabaya ke madiun tepatnya setelah jembatan kertosono sebelah kanan jalan sebelum lampu merah bukanya pagi warungnya kecil ada tulisannya nasi pecel tumpang makannya pakai pincuk (daun pisang) atau di kertosono depan terowongan kereta api bukanya malam hari itu juga joss

Mas Basoeki says:
April 29, 2012 at 7:45

Hahahaha podo ngomongin sambel tumpang. Bikin sendiri kan bisa, pakai tempe di Palangka Raya juga bisa asal jangan salah prosedur harus berurutan.
2 ptong sedang tempe lokal diolesi garam terus bungkus rapat-rapat dan peram selama 2-3 hari.
Bumbu:
1/2 sendok teh ketumbar
8 siung bawang merah
5 biji bawang putih
Lombok sekuatnya aja deh, mau super pedas, pedas, sedang. Kalau ga pedas ya ga usah dikasih lombok tapi yang ini bukan sambel namanya. Wong namanya sambel kok ga pakai lombok.
1/2 jari kencur
2 lembar daun salam
1 jari lengkuas geprek
2 lembar daun jeruk purut.
1 batang sere
500 mL santan
Garam secukupnya.
Ketumbar,bawang putih, bawang merah, kencur n lombok diuleg halus.
Masak tempe dengan 500 mL air hingga keluar bau tempenya, ambil tempe dan uleg kasar bersama bumbu halus dan bumbu kasar/utuh rebus lagi selama 10-15 menit.
Masukkan santan dan biarkan mendidih sambil diaduk-aduk pelan supaya santan tidak pecah.
Kalau pingin rasa gurih tambahkan vitsin secukupnya (seujung sendok teh?

uma says:
July 2, 2012 at 3:25

pengeeeeeennn maem……aduh lawuh peyek karo kulupan enake,,neng italy ra enek,ndadak pesen disek ko toko online neng jerman,,,,,beeeeehhhhh jian kuangen ngennnn

doni says:
August 23, 2012 at 10:53

saya pengen banget sambal tumpang….
pesan dong,mohon dikirim….
alamat saya jl.veterab bakung kel.samata kab.gowa,makassar sulawesi selatan…..

mia fitriani says:
August 23, 2012 at 10:55

iya ..
kirim dong sambal tumpang..

Dwi says:
August 23, 2012 at 8:20

Dadi kangen karo sambel tumpange ibukq.
Nek Sumsel g enek wog dodol sambel tumpang.
Tempene d gawe sambel tumpang g se enak tempe kediri.
Miss u kediri

bagus says:
August 25, 2012 at 1:47

alhamdulillah mudik wingi maem sambel tumpang sampai puas, untuk setahun ke depan. he2..

Joni Kurniawan says:
November 16, 2012 at 4:55

Sambel tumpang mana sambel tumpang

kangen sego tumpange mbah umi bakalan grogol mak nyuzzz

nonon says:
February 21, 2013 at 10:58

buat penggemar mbah sumini purwoasri< mbah e sudah meninggal. skr diterusin anaknya. rasanya sih dah gak seenak masakan mbah sum sendiri. tp ada satu warung yg rasanya mirip sambel tumpange mbah sum. tempatnya di depan warung mbah sum seberang jalan. warung mayar namanya, katanya sih dia salah satu anak mbah sum juga. jual nya mulai pagi.

adelline cell@yahoo.com says:
September 13, 2013 at 8:51

kangeeeeeennn sambel tumpang mak ku……makanan senenganku….i miss u kediri….ning
sumatera barat gak enek sambel tumpang…

Leave a comment

Name (required)Comment
E-mail (required)
Website

pencarian dari search engine: radio wijangsongko kediri - peta simpang lima gumul - gor jayabaya kediri - misteri farida di ngadiluwih - adat penganten di kediri - gambar bangunan warung - foto gapura jawa - Alamat toko buku togamas kediri - daftar universitas di kediri - teras rumah kuno - universitas terbagus di kediri - renocatolicacali@emcali net co loc:CA - gule - http://wongkediri net/khas-kediri/kampung-inggris-di-pare htm - dhoho plaza kediri - koleksi truk tua indonesia - kediri mall - ubiely@emcali net co loc:CA - ubiely@emcali net co loc:CA - resep nasi ampok goreng - jual bibit jamur rp jawa pasuruan - kantor pos bogor tempo dulu - usp kediri - cewek panggilan kediri - lauk untuk sambal tumpang -