Sambal Tumpang Kediri


Setiap orang kediri pasti tahu sambal tumpang, makanan yang membuat Orang kediri di perantauan kangen setengah mati ini di daerah lain kadang di sebut nasi tumpang Kediri. Makanan khas kediri ini berbahan dasar tempe yang mengalami fermentasi lebih lama dari pada tempe yang biasa di konsumsi, kadang biar gampang menyebutnya sambel tumpang terbuat dari tempe “busuk”. Tapi, jangan khawatir bukan busuk expired, tetapi berfermentasi lebih lama.

Tempe untuk bahan sambal tumpang ini bukan sembarangan, Konon Tempe untuk sambal tumpang kalau bukan tempe kediri tidak bisa. Saya pernah ke Malang yang notabene dekat dengan kediri, tempe malang tidak bisa di buat sambal tumpang. Kurang tahu kenapa. mungkin raginya beda.

Bahkan di Kediri pun tidak semua tempenya enak buat sambal tumpang, seperti di Desa saya tempenya bisa di buat sambal tumpang, tetapi d desa sebelah tidak bisa kalaupun di paksakan rasanya tidak bisa sesedap biasanya.

sambal tumpang

nasi tumpang

Sambal tumpang disajikan tanpa banyak variasi yaitu: nasi, sayuran(daun pepaya, daun kenikir, nangka muda, pepaya muda, dsbnya), serta lauk rempeyek dan krupuk nasi(puli). Nasi tumpang ini ada 2 jenis yaitu tumpang biasa yang menggunakan tempe “busuk” biasanya kuahnya tidak terlalu kental dan ada bulir tempenya, aroma sedapnya sudah tercium dari jarak beberapa meter.  Jenis kedua adalah sambal tumpang yang kental, biasanya ditambahkan tepung untuk pengentalnya dan menggunakan tempe biasa, aromanya nyaris tidak ada umumnya jenis sambal tumpang ini ada di Kediri kota. Terkadang ada lauk tambahan seperti tempe, tahu, telur puyuh, ayam, sate usus dsbnya.

Penjual nasi tumpang dapat di jumpai hampir di setiap desa di kediri. Umumnya jam buka adalah pagi sekali – subuh – atau malam. Biasanya penjual nasi tumpang juga menyediakan sambal pecel, jadi nanti ada nasi campur yaitu tumpang campur pecel. Saya paling suka tumpang campur kalau sambal tumpangnya jenis kedua yang memakai tempe “waras” atau tempe biasa.

nasi tumpang

nasi tumpang sendok suru

Terkadang nasi tumpang ini di sajikan dalam daun pisang yang di bentuk pincuk dan menggunakan sendok dari daun pisang juga (suru).

Jika anda di Bali di daerah Jl Teuku Umar Denpasar ada penjual nasi pecel tumpang yang enak banget, rame banget. Buka malam hari. Tapi penjualnya asli orang kertosono 😀

Nasi Tumpang Kediri

Harga: Mulai Rp. 2000

Karena banyaknya penjual nasi tumpang yang mak nyuss, silahkan beri komentar lokasi sambal tumpang yang paling enak menurut anda, akan saya update posting ini.

Monday, March 1, 2010 by Coliq

Coliq

Web Designer/programmer/developer aseli Kediri. Suka utak-atik aplikasi/script open source, wordpress, joomla, dkk.. Founder dari wongkediri.com

Blog · FB · Twitter · Plurk


57 Comments for this post

nonon says:
February 21, 2013 at 10:58

buat penggemar mbah sumini purwoasri< mbah e sudah meninggal. skr diterusin anaknya. rasanya sih dah gak seenak masakan mbah sum sendiri. tp ada satu warung yg rasanya mirip sambel tumpange mbah sum. tempatnya di depan warung mbah sum seberang jalan. warung mayar namanya, katanya sih dia salah satu anak mbah sum juga. jual nya mulai pagi.

adelline cell@yahoo.com says:
September 13, 2013 at 8:51

kangeeeeeennn sambel tumpang mak ku……makanan senenganku….i miss u kediri….ning
sumatera barat gak enek sambel tumpang…

abay says:
August 29, 2014 at 1:45

waaaaah udah lama banget ga makan nasi tumpang……….terakhir tahun 98……….

walau says orang Jakarta taping says suka nasi tumpang.mungkin karena itu makanan pertama yang saya makan ketika pertama ke Kediri pada tahun 92

abay says:
August 29, 2014 at 1:47

waaaaah udah lama banget ga makan nasi tumpang……….terakhir tahun 98……….

walau saya orang Jakarta tapi saya suka nasi tumpang.mungkin karena itu makanan pertama yang saya makan ketika pertama ke Kediri pada tahun 92

nawaw says:
October 25, 2014 at 4:51

wah… nek urusan mangan sambel tumpang jo lali lawuhe ditambahi lentho..seng omahe sekitaran depok, mampir ae neng omahku..sambel tumpang ibukku ga kalah karo tumpang restoran…wes teruji karo seng bedo suku.. po maneh racikan sambel pecele…wes teruji karo 3 mantan presiden RI.. hehehe…

Lestari says:
November 14, 2014 at 8:11

aku pingin makan nasi tumpang tiap malem 😀 (kayak waktu d kediri.. ) heheeeeeehe….
ada yg tau informasi penjual nasi tumpang d derah jakarta utara / barat / pusat gak…
thx 🙂

caca says:
February 28, 2015 at 8:54

jadi pengen pulaaaang 🙁
nasi TUMPANG di MALANG ada gak sih ?
yang tau mohon info nya yaa, lagi ngidam banget ini kya nyaa 🙁

Leave a comment

Name (required)Comment
E-mail (required)
Website

pencarian dari search engine:



css.php