Simpang Lima Gumul


Monumen Simpang lima gumul adalah salah satu ikon baru dari kediri. Terletak di persimpangan arah selatan ke Wates/pesantren, Timur Ke Gurah – Utara ke pagu – arah timur laut ke Pare – dan arah ke Barat ke Kota Kediri. Tujuan awal dibangun Simpang Lima Gumul (SLG) adalah sebagai sentra ekonomi baru di Kabupaten Kediri. Sehingga diharapkan roda perekonomian Kediri makin maju.

Sebagai ikon di bangun monumen mirip L’Arch de Triomphe Paris. Orang kediri menyebutnya Kakbah Kediri 馃榾
Karena kalau lewat simpang lima gumul harus muteri monumen tersebut dan berbentuk kotak mirip kakbah. Sangat sering orang yang lewat muter terus karena kebablasan jalur belokannya.

Pembangunan monumen ini diawali sejak tahun 2003. Penggagasnya adalah Bupati Kediri saat ini, Sutrisno. Monumen ini tepatnya berada di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem. Ada yang bilang monumen ini terinspirasi dari “Jongko Jojoboyo” Raja Kediri abad XII yang ingin menyatukan lima wilayah di Kediri.

Monumen simpang lima gumul malam hari

Monumen Simpang Lima Gumul malam hari (es)

Monumen simpang lima gumul

Monumen Simpang Lima Gumul

jalan bawah tanah slg kediri

Jalan seputar SLG

Secara fisik monumen SLG ini seluas 804 meter persegi dengan tinggi bangunannya mencapai 25 meter dan ditumpu tiga tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Angka-angka tersebut menggambarkan tanggal, bulan, tahun, hari jadi Kabupaten Kediri, yakni 25 Maret 804 Masehi. Di ke empat sisi monumen ada arca ganesha, lambang kabupaten kediri.

Anak ITB terpesona akan ganesha

anak ITB pasti suka Ganesha

Apa isi Monumen SLG? Isinya adalah ruang-ruang untuk pertemuan di di gedung utama dan hall auditorium di lantai atas yang beratapkan mirip kubah (dome), ruang serba guna di “basemen”, diorama di lantai atas, minimarket yang jual souvenir di lantai bawah. Monumen ini juga memiliki tiga akses jalan bawah tanah menuju monumen yang terhubung ke basemen dari tempat parkir.

Kubah SLG

Kubah SLG lantai atas (tv)

jalan bawah tanah slg kediri

Jalan bawah tanah SLG

Fasilitas lain di SLG ini adalah Convention Hall atau gedung pertemuan ( dalam tahap pembangunan) ada di selatan monumen, Mall(rencana). Di utara SLG ada jalan 2 arah yang cukup luas dan panjang, sehingga sering di buat balapan liar.

Kalau hari libur monumen ini di buka untuk umum dan bisa naik ke atas.

Kalau mau mengadakan pentas, event di kediri, SLG juga lokasi yg tepat. Jambore nasional VW adalah salah satu event besar terbaru di SLG. Sering juga lomba-lomba di gelar d SLG misal: lomba mewarnai, drag race, dsbnya.

klub vespa di SLG

klub vespa di SLG

Biasanya Pemda Kediri mengadakan pekan seni dan Budaya, pameran produk unggulan Kabupaten Kediri.

Walaupun pembangunan SLG ini mengundang pro dan kontra dari masyarakat Kediri, karena dana yang begitu besar RATUSAN MILYAR.. menggunakan APBD dan ada indikasi korupsi.

SLG vs L'arch (tv)

Ada yang membandingkan dengan Monumen L’Arch de Triomphe

foto: tves

LOKASI

Monumen Simpang Lima Gumul

lokasi: Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kab. Kediri

Tiket: Rp. 2000 (masuk monumen)

update(3 nov 2010): tambah peta simpang lima gumul

Saturday, May 22, 2010 by Coliq

Coliq

Web Designer/programmer/developer aseli Kediri. Suka utak-atik aplikasi/script open source, wordpress, joomla, dkk.. Founder dari wongkediri.com

BlogFBTwitterPlurk


62 Comments for this post

AWI says:
July 17, 2012 at 2:17

baru saja saya cari di search engine tentang simpang lima kediri setelah di beri tahu teman, dan sedikit kaget..kok sama dengan arch d triump nya Perancis, aduuhh maaf, ini sengaja meniru atau memang kehabisan ide? saya lebih bangga jika bentuk dan model nya mengikuti model kerajaan Kediri atau Mojopahit, atau khas Jawa Timur, atau apalah yang benar2 INDONESIA, selama ini saya koar2 Malaysia sebagai negara penjiplak/peng-klaim..oh no ternyata di Propinsi saya sendiri ada jiplakan yang nyata sekali kelihatan menjiplak Arch de Triump Perancis..Please….

aris says:
August 21, 2012 at 2:28

Coliq@ orang yg banyak komentar sam aj dengan tong kosong nyaring bunyinya… Pura2 pinter tapi nol di otaknya, seblm dibangun pasti sudah ad kajian terlebih dahulu, fungsi, manfaat, dan sosialnya, jika di survei banyak rakyat kediri yg gak keberatan, paling cmak segelintir yg bebrbeda pendapt sah2 aj seperti anda, saya tetep bngga dengan aikon kota kediri,,,,( jangan lupa setiap kebijakn dan keputusan pasti ad pro dan kontra) tinggal bagiman kita menyikapinya secara positif dan bermanfaat

September 5, 2012 at 7:42

repot musuh wong saiki, kate mbangun dicelathu, kate gawe dalan dicelathu, wong kari ngrasakno enak’e ae ngomel.. ngomong ae mari kenek parkir rong ewu gak trimo..

Coliq says:
September 6, 2012 at 10:37

gini lho Ndaa..
SLG itu total biayanya dr awal sampe sekarang hampir 1 triliun lho

cb d bangun untuk pendidikan atau pertanian.. efeknya jauh lebih luas.

contoh nyata Univ brawijaya yg masih nunut saja masyarakat sudah merasakan dampak +.

sekarang pengairan pertanian jg susah, cb di buatkan mbung/waduk kecil sehingga pertanian lebih bagus. dan terobosan lainnya lah, uang banyak gitu hanya satu objek.

orang luar negeri aja bisa lihat klo itu buang2 duit.
cb lihat gumul, paradise island punya siapa? cenderung ke KKN masbro makanya perkembangan Gumul lambat.

Okelah Bupati suka pariwisata, tapi dana segitu besarnya hanya untuk itu?
lihatlah, orang kediri sebagian besar juga petani. apa program untuk mereka? jangka panjang?

BTW, karena nasi sudah jd bubur, mari jadikan bubur ayam yg enak. mau ga mau 馃檨

Coliq says:
September 6, 2012 at 10:44

contoh lain,
Coba itu kampung inggris di berdayakan gimana biar makin besar, dikenal lebih jauh lagi.

@Aris yg pinter banget: sampean pura2 ga tahu juga?
Benarkah pejabat kita bener2 peduli rakyat?
atau peduli proyek?

lihat itu terminal purwoasri? apakah pakai studi kelayakan dulu? pasti.
tapi mengapa gagal total jendral?
kenapa?
karena kepentingan pribadi diatas kepentingan rakyat.

jangan pura2lah

bunga says:
November 13, 2012 at 11:37

Nyuwun sewu commentator sedaya…
Njenengan menawi mboten cocok kaliyan program pemkab lapor mawon teng DPRDne…
mboten angger njeplak kemawon amargi mboten migunani lan ngentasi gawe…malah nambahi bludrek masyarakat ingkang sampun sumpek amargi angele ngupoyo arto.
kakehan cangkem gak nyelesekno masalah.

cew kediri says:
November 30, 2012 at 9:38

itu mah derita loe….

pemerintah udah susah2 nyiapin smuax..mlah te2p di komentarin..coba loe aja duduk jd bupati..jgn sok pinter n jd pahlwan kesiangan deh..

semua pembangunan di kediri saya lihat cukup merata kok..klu di desa loe gak merata..komplen dunk ma yg bersangkutan..

klu mau ngmg mslah pembgunan..plis deh semua butuh proses..
loe bgun rumah jg btuh proses..
pembagian dana itu psti ada cuy..cuma loe aja yg tutup mata..
buka dunk mata loe.. jgn merem n nyalahin pemerintah mulu…
tunjukin prestasi loe..
jgn cuma ngmg doank..n terxt loe g bs apa2..
gak malu apa ma omgan loe

richard says:
December 18, 2012 at 4:56

Monumen yang ada udah bagus untk mencapai gol nya , karena ini konsepnya CDB maka mau nggak mau harus menggandeng partnership yang membidangi mall , super market, juga dunia intertaint dengan cara memperlunak perijinan , lakukan partnership maintenance , agar mereka bisa kita tarik untuk mempercepat akselerasi pertumbuhan CDB itu sendiri dan saya berharap kita konsisten dengan semangat melanjutkan konsep yang ada yaitu pembangunan CDB untuk menjadi efek multipel bagi perekonomian setempat. salam dari arek suroboyo tq

December 18, 2012 at 5:29

Jasa Translate Murah – Wah bangga campur sedih tiap kulihat simpang lima gumul.
karena Dibalik kemegahannya, ada kasus korupsi tingkat DEWA. 馃檨

Anang DS says:
December 30, 2012 at 11:06

Dulu saya senang dengan SLG, namun saat ini saya merasa biasa saja, hambar,

1. BUAT APA MEMBUAT KARYA YANG NOTABENE ADALAH CONTEKAN
2. SLG ITU UNTUK APA ? ICON KABUPATEN KEDIRI ? CUIH, SLG ITU GAK LEBIH HANYA UNTUK TEMPAT MAKSIAT DI MALAM HARI (KALAU GAK PERCAYA BISA CEK SENDIRI MULAI DIJADIKAN TEMPAT REMANG2 DAN MABUK2AN)
3. SLG JUGA DIJADIIN TEMPAT BALAP LIAR DAN SIALNYA POLISINYA NGEBIARIN AJA
4. PEMBANGUNAN NGANGKRAK, SAYA YAKIN ADA INDIKASI KORUPSI
5. KONSEP DAN KEGUNAAN GK JELAS

Endang Rachma says:
February 13, 2014 at 6:48

I Love Kediri :-*

Kediri Bersinar Terang

March 11, 2015 at 4:32

[…] Simpang Lima Gumul Monumen Simpang lima gumul adalah salah satu ikon baru dari kediri. Terletak di persimpangan arah selatan ke Wates/pesantren, Timur Ke Gurah 鈥 Utara ke pagu 鈥 arah timur laut ke Pare 鈥 dan arah ke Barat ke Kota Kediri. Tujuan awal dibangun Simpang Lima Gumul (SLG) adalah sebagai sentra ekonomi baru di Kabupaten Kediri. Sehingga diharapkan roda perekonomian Kediri makin maju. […]

Leave a comment

Name (required)Comment
E-mail (required)
Website

pencarian dari search engine:



css.php