Gethuk Pisang


Kediri selain dikenal sebagai kota tahu, ada salah satu jajanan khasny yang sangat terkenal yaitu gethuk gedang/pisang. Getuk pisang ini dikemas dengan bungkus daun pisang dan berbentuk seperti lontong. Menurut cerita gethuk pisang yg aseli, yang merintis ada di daerah kota tepatnya sebelum perempatan Mitsubishi, utara jalan. Jadi dari stadion Brawijaya terus ke barat ntar sebelum perempatan ada toko jajanan di kanan jalan. Tokonya nggak ada namanya klo ga salah.

Getuk pisang toko ini ada yg khas, ukurannya Jumbo, 2 x lipat dari yang biasa. dan
tanpa merk. Saya pernah tanya ke pembuatny katanya pernah dikasih label/merek seperti yg lain. Tapi tanggapan konsumennya kurang bagus, malah dikira palsu icon smile Gethuk Pisang . terakhir beli getuk pisang jumbo ini harganya Rp 2500. Klo yg d jalan patimura ukuran normal harga berkisar Rp. 1500-2000 per buah.

gethuk pisang mini3 Gethuk Pisang

getuk pisang mini

Lokasi lainnya adalah d jalan Patimura, yaitu jalan dhoho ke selatan sampai perempatan sumur bor kekiri. Disana ada berbagai produsen tahu takwa dan juga gethuk pisang. Ada Soponyono, LTT dll.

Nah tadi kebetulan dapat kue kotakan dari hajatan orang, pas buka ada yg unik. Yaitu getuk pisang mini, ukurannya kurang lebih sebesar spidol besar. Mereknya Raja nangka produksi sanjaya sayang tidak mencantumkan alamat dan telp, membuang peluang tuh produsennya. Saya belum pernah survey apakah d jalan Patimura udah ada belum, maklum semenjak lulus nggak pernah beli untuk oleh2 icon biggrin Gethuk Pisang .

gethuk pisang mini Gethuk Pisang

Oh ya supaya nggak kecewa, pas d terminal, stasiun ada penjual gethuk pisang ini. Tapi sebelum mebeli coba perhatikan baik2 karena biasanya daun pembungkusnya tebal sekali sehingga getuknya kecil icon smile Gethuk Pisang .

Gethuk Pisang Kediri

Lokasi: Jl PK Bangsa, Jl Patimura, Jl. Klenteng

Harga: Rp. 3000-an (besar) / Rp. 1000(kecil/sedang)

Sunday, February 25, 2007 by Coliq

Coliq

Web Designer/programmer/developer aseli Kediri. Suka utak-atik aplikasi/script open source, wordpress, joomla, dkk.. Founder dari wongkediri.com

Blog · FB · Twitter · Plurk


44 Comments for this post

Rudy says:
February 26, 2007 at 7:18

Kok bukan gethuk pisang Jalan Kusuma Bangsa, punya mbak Dian Smada 1987
Itu baru asli gethuk pisang kediri yang dulunya di Jalan Pemuda.
Asli dari mojo, Gede tur Enak

coliq says:
February 26, 2007 at 12:18

Lho kan memang saya tulis begitu mas, yang aseli perintisnya dr stadion ke barat, utara jalan. cm saya lupa nama jalannya dan belum ada fotonya.

Nah kebetulan yg ada fotonya yg gethuk pisang mini. Itu cuma contoh aja, klo ada foto yg versi original, gedhe dan tanpa merek, bisa d kirim ke saya pak:)

Alumnismada juga ternyta yg punya :D .

tonick says:
July 16, 2007 at 7:07

lha yo jalan kusuma bangsa iku yo kulone stadion iku …weh jan cah kediri kok bingun dalan hehehe lha wong aku sing wis suwe ra ning kediri jik apal ….(mantan kernet angkot ya…hahahhahaha)

coliq says:
July 18, 2007 at 11:12

Hee.hhe wong deso pak, Katrok :)

ga apal jenenge aku :D

coliq says:
July 24, 2007 at 11:41
nita says:
March 17, 2008 at 12:20

Salah mas Rudi, itu punya (alm)ibunya Mbak Tatik(1984 opo 85, lali aku), Mas Didik(1986) & Mbak Wiwik(1987). Pancen enak tenan & asli lho!!!

infogue says:
June 30, 2008 at 10:32

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://kuliner.infogue.com/gethuk_pisang

majid waliyadin says:
July 6, 2008 at 7:19

ass. trims infonya wong kediri, saya wong jombang, mau analisa bisnis getuk ini.klo bagus pengen nyoba bikin usaha kecil2an…
waliyadin@gmail.com

Coliq says:
July 10, 2008 at 6:24

@ majid waliyadin
Saya blm tahu cara bautnya, dulu pernah nanya2 soal buat tahu takwa.. tapi d rahasiakan soal campuran cuka dsbnya.

Soal gethuk juga sama..
Ada yg dirahasiakan :D

Dan yg ga kalah penting JENIS pisangnya, yg aseli Jl PK bangsa dia memakai Pisang dari tulungagung. Biar warnanya bisa merah dan manis tanpa bahan2 tambahan(pewarna, gula) dsbnya.

klo sempat cb bedakan rasanya yg d terminal/stasiun dengan yg aseli cm jualan d PK bangsa ato d Jl. patimura. Yg d terminal/stasiun ada pewarnanya dan pemanis tambahan

andi says:
August 14, 2009 at 10:54

kalo soal bikin getuk pisang/mau jadi angengnya getuk pisang asli kediri andi siap nich bantu.soalnya saudaraku ada yg bikin getuk pisang khusus di kirim ke agen tunggal POO.

tarsan says:
December 21, 2009 at 2:35

lek arep gethuk pisang neng rembang bos langsung harga pabrik lebih enak dan fress…….

umi cendono says:
December 27, 2009 at 3:13

wah enaknyee dah lama aku tak rasa makanan kediri. Lama tak balik kampung, maklum jadi org perantauan. korang tau nggak berapa lama gethuk pisang boleh tahan??????

gethuk gedang campurejo says:
January 30, 2010 at 3:41

mas,,,, gethuk gedang yang dicampurejo masih harga 2.500
jln dr. shardjo gang VI no 6a…. terminal baru kebarat….

coliq says:
January 30, 2010 at 4:30

@gethuk campurejo: oke trims, ada nama/merknya?

riyadl says:
February 18, 2010 at 9:33

gethuk yang paling enak di dunia adalah gethuk pisang, iyo tho?

wong says:
February 18, 2010 at 10:52

Iyo bener :D .. lha umumny getuk dr ketela :)

leny says:
March 27, 2010 at 8:10

gethuk pisang’e regane wis mundak dadi 3500 sing gedhe
Q bar tuku desember wingi pas bali ning kediri

coliq says:
March 27, 2010 at 2:48

@All: update kemarin saya beli harganya dah Rp. 5rb.. dan ada mereknya

udin harun says:
May 24, 2010 at 10:38

kangen sama gethuk pisang, suwe ga mangan Gethuk Pisang :)

Coliq says:
May 24, 2010 at 2:06

@Kang Udin: tenang isik akeh, lan macem2 saiki

triongko usdiyanto says:
June 15, 2010 at 2:18

suwe aku ora muleh no kediri koyok opo yho rasane getuk pisang saiki opo wis koyo roti, tulung cak colik iki dibales aku no rantauan

CoLiq says:
June 16, 2010 at 9:14

@triongko: rasane pancet mak nyusss. sekarang udah banyak banget yg bisa buat gethuk pisang, mungkin resep getuk pisang dah ga rahasia lagi.
Jadi model gethuk pisangnya pun macam2, sekarang yg tren ya getuk pisang mini.

triongko usdiyanto says:
June 16, 2010 at 1:32

mas coliq aku saiki nduk Tarakan kaltim, aku ninggalno kediri tahun 90 an lan aku lulusan sma pawyatan daha kediri th 82 saikiaku kelangan konco2 isokah sampyan nguwehi info, sopo ngerti….he..he..ngrepotin

triongko usdiyanto says:
June 16, 2010 at 1:54

aku sak litingan karo pramono anung iku lho sekjen e PDIP no smp doho, aku mek iso ndelok no peta satelit, wuaah….kota ku akeh buuanget perubahane..ckk..cckk..

leny says:
June 17, 2010 at 10:07

ternyata gak cuma sembako doang sing mundak regane gethuk gedhang pun juga iso mundak yo…….???

June 17, 2010 at 10:55

@Leny: lha iyo nuh.. kan itu ada inflasi

nora says:
June 20, 2010 at 9:23

wow aku bangga dengan mas coliq, matursuwun infonya is excellent

CoLiq says:
June 21, 2010 at 10:26

@Nora: Bangga apanya Mbak :) , Thanks

D4toe says:
June 30, 2010 at 8:23

Gethuk pisang yang paling mantep kalo menurutku ya teteup merk “Madu Manis”, yang tokonya di sebelah dealer Yamaha alun-alun Kediri….

CoLiq says:
June 30, 2010 at 8:46

@datoe: Lidah punya selera sendiri2 :)

COAEM says:
August 1, 2010 at 6:54

kesukaanku ini….

August 12, 2010 at 8:20

[...] Getuk pisang ini dikemas dengan bungkus daun pisang dan berbentuk seperti lontong. Menurut cerita gethuk pisang yg aseli, yang merintis ada di daerah kota tepatnya sebelum perempatan Mitsubishi, utara jalan. [...]

Nurus says:
September 29, 2010 at 8:47

Tolong info, kalau tanpa pengawet tahan berapa hari ya… soalnya pingin kirim ke teman teman luar kota… Tq

CoLiq says:
September 30, 2010 at 8:26

@Nurus: Klo ga salah 2 hari.. setelah itu harus masuk kulkas

ury says:
November 27, 2010 at 3:33

Pengen usaha oleh2 khas jawa timur,infone to konco2

joko says:
February 26, 2011 at 8:05

mas aku pernah coba kok korang keras agak lembek…gimana caranya..tlg bales saya tunggu.

arifinfo says:
March 17, 2011 at 12:55

saya juga pernah nyoba; rasanya agak keras seeh.tp khas gedang :)

nggoel says:
May 5, 2011 at 7:25

mas, mau tanya bahan-bahan pembuatan gethuk pisang sampai pembuatanya itu bagaimana? :D
trima kasih atas infonya… :)

novi sari says:
May 15, 2011 at 4:49

mas,aq suka bgt gethuk pisang?bleh aq mnta cara membuatnya?blas cpat

Sunarti says:
July 2, 2011 at 6:36

pengen jadi agen getuk pisang mini yg bisa dimasukkan kotak snack. dari sana harganya berapa? minimal pemesanan berapa? untuk acara hajatan

ahmad says:
December 21, 2011 at 1:00

getuk pisang “manis” terima pesanan getuk pisang segala ukuran mulai RP.800 , hp : 083846047968 lihat iklan di

http://kediri.olx.co.id/item_page.php?Id=204488970&ts=1324447218

widya says:
January 13, 2012 at 6:26

aq juga pengemar gethuk pisang kusuma bangsa..kalo ga pesen dulu, pasti ga kebagian..sore kesitu uda tandass..i love kediriii…

yudi says:
April 15, 2012 at 11:08

stiap pulang dari kediri, tmen saya selalu ngebawain saya gethuk pisang. enak!!

August 30, 2014 at 1:20

Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo News.
Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
I’ve been trying for a while but I never seem to get there!
Appreciate it

Leave a comment

Name (required)Comment
E-mail (required)
Website

pencarian dari search engine: tokoh dalam kerajaan kediri - sejarah pasar kandangan di kediri jawa timur - STIKES Keperawatan swasta se jatim - Jadwal sholat kediri - kawah gunung - Ceritangentot kesempatan dalam kesempitan - macam2 makanan stromboli - kisah pabrik gula ngadirejo - alun alun tulungagung jaman dulu - harga1porsi bakso mama jombang - pizza hut kediri - Sejarah Tan Khoen Swie - toko buku kota kediri - simpang 5 kediri - kata lucu jawa surabaya - asal mula daerah kandat kediri - raja kediri dan nama perguruan tinggi surabaya - gambar nganjuk tempo dulu - gambar gerbang gapura - kediri perumahan - bangunan belanda yang ada di kediri - resep nasi goreng arang pare - masjid agung kediri - video kontes binaraga indonesia - sejarah bakso mama 1 -



css.php